Aman Selamat Ampuh Damai

Pengurus Besar

Perguruan Pencak Silat Nasional

Berita
8 Aug 2017

Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan Pasanggirinas & Kejurnas Remaja Persinas ASAD 2017

Jakarta - Presiden Joko Widodo menghadiri acara Silaturahmi Ulama Pondok Pesantren di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Acara ini juga merupakan Peresmian Pembukaan Pasanggiri Nasional Tingkat Remaja Perguruan Pencak Silat Nasional (Persinas) ASAD 2017.

Jokowi tiba di lokasi acara, yakni di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Lubang Buaya, Jakarta Timur, sekitar pukul 08.15 WIB, Selasa (8/8/2017). Jokowi tampak mengenakan pakaian 'khas pendekar silat' berwarna hijau, lengkap dengan ikat kepala.


Kehadiran Jokowi disambut meriah oleh warga dan santri yang telah berkumpul. Banyak juga yang mengenakan pakaian khas pendekar silat.

"Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi karena telah ikut memelihara, ikut merawat, ikut menjaga tradisi leluhur kita, seni bela diri pencak silat," kata Jokowi.

Dikatakan Jokowi, beberapa tahun lalu dirinya pernah meresmikan kegiatan serupa. Namun saat itu kapasitasnya sebagai Wali Kota Solo. "Sekarang ini saya meresmikan sebagai presiden," tutur Jokowi disambut tepuk tangan.


Untuk diketahui, PB Persinas menggelar pertandingan (pasanggiri) pencak silat nasional tingkat remaja, dalam mempersiapkan atlet sejak dini. Perlombaan ini dihadiri perwakilan 34 provinsi dan berlangsung pada 8-11 Agustus 2017.

"Kejuaraan ini merupakan perhelatan rutin yang bertujuan melahirkan atlet-atlet muda di internal perguruan Persinas ASAD. Mereka adalah atlet-atlet pilihan melalui seleksi ketat di tingkat kejuaraan daerah di kabupaten, lalu provinsi," ujar Sekretaris PB Persinas ASAD Teddy Suratmadja, Selasa (8/8).

Salah satu prestasi Persinas ASAD adalah mewakili Indonesia dalam Festival Beladiri Dunia Chungju World Martial Arts Festival di Chungju, Korea Selatan, pada 2008. Saat itu mereka meraih tiga besar peserta terbaik, bersama Jepang dan China. (Detikcom)