Aman Selamat Ampuh Damai

Pengurus Besar

Perguruan Pencak Silat Nasional

Berita
7 Jan 2021

Munas V Persinas ASAD, Silat Membangun Revolusi Mental


Jakarta (7/1). Persatuan Silat Nasional Aman, Selamat, Ampuh, Damai (Persinas ASAD) menghelat Musyawarah Nasional (Munas) V di Jakarta, Kamis (7/1/2021). Acara tersebut untuk memilih ketua umum sekaligus mengkonsolidasikan organisasi, termasuk rencana kerja.


Acara yang dihelat di Padepokan Persinas ASAD ini dibuka secara resmi oleh Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mewakili Menpora Zainudin Amali. Acara digelar semi daring, yakni sebagian Pengurus Besar PB Persinas ASAD dan para Ketua Pengprov  Persinas ASAD di studio utama dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat, diikuti secara daring oleh seluruh pengprov Persinas ASAD di masing-masing studio mini. Tercatat peserta yang hadir sebanyak 1.600 orang yang tersebar di 119 studio.


Deputi 3 Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta dalam sambutannya mengatakan, prestasi bukan satu-satunya target dalam olahraga. Bahkan olahraga beladiri, termasuk silat, merupakan sarana untuk membangun karakter bangsa sesuai dengan semangat revolusi mental.


“Selain prestasi, hal yang penting adalah dengan olahraga, nilai-nilai luhur, sportivitas, dan karakter bangsa bisa dibangun, sebagai modal membangun bangsa, inilah revolusi mental sebagaimana pesan Presiden Jokowi,“ ujar Isnanta.


Lebih lanjut dikatakannya, pencak silat sebagai olahraga bertujuan untuk membangun derajat sehat jasmani dan rohani. “Dengan masyarakat yang sehat, tercipta imun yang sangat penting dalam menghadapi pandemi,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia Munas V Persinas ASAD, Kayat Sukayat mengatakan, Munas V Persinas ASAD dihadiri sekitar 1.600 orang yang tersebar di 112 studio di seluruh Indonesia dan 7 titik di luar negeri. “Acara kami buat secara luring dan daring agar tetap menjaga protokol kesehatan,” ujar Kayat.